Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Enak

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak ini mampu dikatakan hampir mendekati dengan resep ayam betutu khas Bali. Sangat enak dinikmati walau hanya dengan nasi putih hangat saja. Rasa nya yang pedas manis jadi kita tidak perlu menggunakan sambel untuk memakan nya. Tapi kalau memang pecinta kuliner pedas, ya boleh la kalau mau membuat sambel untuk cocolan ayam bakar yang satu ini.
Tapi jangan salah ya, Ayam bumbu rujak yang disebut bukan nlah bumbu rujak ibarat kita makan rujak, tapi alasannya rasa yang pedas dipadukan dengan rasa manis dari gula merah nya maka disebut lah nama nya bumbu rujak. Yuk, mumpung masih pagi, masih sepat belanja keperluan membuat resep yang satu ini.

ini

Bahan :
1 ekor ayam potong menjadi 4 bahagian
1 ltr santan, dari 1 btr kelapa tua
1 btg serai, memarkan
1 lbr daun salam
1 sdm gula merah
1 sdt asam jawa

Bumbu halus :
ini
6 bh bawang merah
3 siung bawang putih
10 bh cabe merah, untuk rasa pedas silahkan sesuaikan dengan selera atau mampu ditambahkan rawit kalau mau saja
1 sdt ketumbar
1 sdm lengkuas, cincang kasar
2 btr kemiri sangrai
1 bh tomat
1/2 sdt terasi
1 sdt garam












Cara membuat Ayam Panggang Bumbu Rujak

Pertama kita akan menumis bumbu halus.
Tuangkan 3 sdm minyak kedalam wajan, kemudian tumis bumbu halus, serai dan daun salam hingga harum. Kemudian masukkan ayam kedalam tumisan tadi, aduk-aduk hingga ayam matang. Setelah itu tuangkan santan kedalam ayam yang telah kita tumis tadi. Masak dengan menggunakan api kecil saja, sambil sesekali diaduk hingga kuah mengental dan ayam menjadi empuk. Masukkan gula merah dan air perasan asam jawa, aduk kembali hingga tercampur rata. Bila sudah rata angkat dan sisihkan.
Setelah itu ayam kita angkat dari wajan. Sambil diolesi dengan sisa kuah yang ada, bakar ayam diatas bara api atau mampu juga menggunakan oven. Jika kita memakai oven, maka gunakan oven dengan api atas saja hingga ayam menjadi warna kecoklatan. Jika mau disajikan siramkan ayam dengan menggunakan sisa kuah nya tadi.
ini



Resep Selanjutnya



Resep Sebelumnya

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown